Tersingkir Tragis dari Piala AFF U-19 2022

Tersingkir Tragis dari Piala AFF U-19 2022, Pemain Timnas Indonesia U-19 Menyesal dan Minta Maaf

Tersingkir Tragis dari Piala AFF U-19 2022, Pemain Timnas Indonesia U-19 Menyesal dan Minta Maaf. ­­Kapten Timnas U-19 Indonesia, Muhammad Ferarri, meminta maaf kepada masyarakat Indonesia karena gagal membantu lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Timnas Indonesia U-19 justru tampil impresif di turnamen Piala AFF U-19 2022. Di laga terakhir Grup A, pasukan Shin Taeyong bahkan menang 5-1 atas Myanmar. Sayang, tiket semifinal tak bisa diraih karena Timnas U-19 Indonesia finis ketiga di klasemen akhir. Pasalnya, Timnas U-19 kalah head to head dari Vietnam dan Malaysia yang mengoleksi 11 poin. “Alhamdulillah, ini pertandingan yang bagus. Namun, sebagai perwakilan para pemain, saya ingin meminta maaf kepada masyarakat Indonesia.

Hasil pertandingan itu bagus, tapi tidak memuaskan,” kata Muhammad Ferarri. Muhammad Ferarri juga menyayangkan timnas U-19 Indonesia tidak maksimal saat menghadapi Vietnam dan Thailand di Piala AFF U-19 2022. Jika mampu mengalahkan kedua tim, tentu nasib timnas U-19 akan berbeda. “Tentu semua pemain menyayangkan. Tentu melihat hasil turnamen padahal hasilnya bagus,” kata Muhammad Ferarri. Ini merupakan edisi pertama dalam lima tahun terakhir Timnas U-19 Indonesia gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Terakhir kali Timnas U-19 kandas di fase grup adalah pada 2016. Pelatih Shin Tae-yong berterima kasih kepada para pemainnya karena telah bekerja keras sepanjang pertandingan. Shin Tae-yong mengaku bangga dengan perjuangan para pemain timnas U-19 Indonesia.

“Saya ingin menerima ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya dari para pemain yang telah bekerja keras, maksimal, dan membuat pertandingan ini tidak disesalkan. Jadi, saya ingin mengucapkan terima kasih sekali lagi kepada para pemain saya,” kata Shin Tae-yong. Dalam laga itu, Timnas U-19 mencetak gol melalui aksi Muhammad Ferarri (18′, 32′), Arkhan Fikri (26′), Rabbani Tasnim (34′), dan Ronaldo Kwateh (73′). Gol Myanmar dicetak oleh La Min Gtiwe (8′). Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengucapkan terima kasih kepada para pemain timnas U-19 Indonesia. Menurut Iriawan, pasukan Shin Tae-yong telah melakukan yang terbaik sepanjang turnamen. Terima kasih Pelatih Shin dan anak-anak juga. Tentu semua orang kecewa dengan hasil ini, termasuk saya. Kami semua minta maaf karena ini adalah hasil terbaik yang didapat anak-anak. Aturan tidak mengizinkan kami lolos,” kata Shin Tae -yong. Ini merupakan edisi pertama dalam lima tahun terakhir Timnas U-19 gagal melaju ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Terakhir kali Timnas U-19 gagal mencapai semifinal adalah pada edisi 2016. PSSI resmi melayangkan surat protes kepada AFF terkait tudingan utama antara Vietnam dan Thailand di Piala AFF U-19 2022, Senin (11/7/2022). Tak tanggung-tanggung, surat tersebut juga akan disalin ke AFC dan FIFA.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan pihaknya juga menyertakan cuplikan video pertandingan Vietnam Vs Thailand pada laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022. Mochamad Iriawan berharap AFF segera menanggapi surat protes yang dikirimkan PSSI. Berbagai komunikasi dilakukan agar masalah ini segera menemui titik temu. “Kami memanggil Sekjen AFF dan Dato Winsor (Sekjen AFC). Saya sampaikan, mohon ditanggapi surat ini oleh AFF,” kata Iriawan. Laga Vietnam melawan Thailand berakhir imbang 1-1 yang membuat keduanya sama-sama lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022. Adapun hasil tersebut, Timnas U-19 Indonesia tersingkir karena kalah head to head dari kedua tim.

Leave a Reply

Your email address will not be published.