Induk Organisasi Bola Basket

Induk Organisasi Bola Basket

Induk Organisasi Bola Basket. Persatuan Bola Basket Indonesia yang disingkat PERBASI adalah induk organisasi bola basket nasional Indonesia. Organisasi yang berdiri sejak 23 Oktober 1951 ini memiliki kewenangan untuk menetapkan peraturan tentang bola basket di Indonesia.

Sejarah PERBASI

Pembentukan PERBASI diprakarsai oleh Tony Wen dan Wim Latumeten, atas permintaan Sekretaris Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Saat itu, pada tanggal 23 Oktober 1951, bernama Persatuan Bola Basket Indonesia yang disingkat PERBASI, yang dibentuk dengan Tony Wen sebagai ketua dan Wim Latumen sebagai sekretaris organisasi.

Pada tahun 1955 nama organisasi ini diubah menjadi Persatuan Bola Basket Indonesia, namun tetap disingkat menjadi PERBASI. Pasalnya, nama Bola Basket bukanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Sistem organisasi yang dianut PERBASI ialah sistem vertikal berjenjang. Di tingkat paling dasar ada perhimpunan, lalu pengurus cabang Perbasi, di atasnya ada pengurus daerah Perbasi, dan di tingkat paling atas ada pengurus besar Perbasi.

Kepengurusan PERBASI 2015-2019 Induk Organisasi Bola Basket

Pada 13-14 Maret 2015, diselenggarakan Musyawarah Nasional Perbasi di Jakarta. Danny Kosasih ditetapkan sebagai Ketua Umum Perbasi terpilih periode 2015 hingga 2019, mengalahkan Azrul. Berikut susunan lengkap pengurus induk organisasi bola basket Perbasi periode 2015 – 2019:

⦁ Majelis Kehormatan Perbasi diketuai oleh Imam Nahrawi, Anies Baswedan, Erick Thohir, Moreno Soeprapto, dan Anggito Abimanyu.
⦁ Ketua Perbasi dijabat oleh Danny Kosasih
⦁ Andiko Ardi P. Wakil Ketua Bidang Organisasi & Hukum
⦁ Zulkifli . wakil ketua HR & Binpres
⦁ Wakil Kepala Divisi Humas & Bisnis Dana adalah Hasan Gozali
⦁ Sekjen Perbasi dijabat oleh Amran Andi S
⦁ Wakil Sekjen Agus Irianto, dan Nandang Roekanda
⦁ Bendahara Umum Perbasi dijabat oleh Budisatrio Djiwandono
⦁ Wakil Bendahara Umum dijabat oleh Satrio Dimas A
⦁ Ketua Organisasi dan Lelang Daerah dijabat oleh Asmin Patros
⦁ Ketua Bidang Hukum dan Atlet dijabat oleh Ariel Tigor B
⦁ Ketua Lelang Pengembangan Sumber Daya Manusia dijabat oleh Moh. Ahasukherus
⦁ Ketua Bid Pengembangan dan Prestasi dijabat oleh Andika Bastian K
⦁ Ketua Bidang Humas Tikky Suwantikno
⦁ Kepala Penawaran Hubungan Luar Negeri adalah Darsen Song
⦁ Head of Business and Fund Bid dijabat oleh Fareza Tamrella
⦁ Ketua Tim Nasional Perbasi adalah Syailenda S Bakrie

Visi dan Misi PERBASI

Visi Perbasi

Perbasi mempunyai visi untuk meningkatkan prestasi olahraga bola basket, hal ini dilakukan melalui pembinaan berbasis sekolah.

Misi Perbasi

⦁ Organisasi yang efektif, yang memiliki personel yang kompeten dan fleksibel yang dapat merangkul semua pihak sesuai kebutuhan dan menciptakan kelancaran komunikasi antara pusat dan daerah.
⦁ Memastikan terselenggaranya kompetisi tahunan, baik kompetisi reguler ataupun terjadwal.
⦁ Reorientasi pembinaan bola basket berbasis sekolah, dengan menyelaraskan program kompetisi dan pembinaan antara club track dan school track.
⦁ Meningkatkan Prestasi Tim Basket Indonesia di ASEAN
⦁ Peningkatan SDM yang dilakukan secara merata di seluruh wilayah
⦁ Penyedia dukungan keuangan, melalui dana tunai, anggaran dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah, serta sponsor.

Asosiasi Bola Basket Internasional Induk Organisasi Bola Basket

FIBA (Federation Internationale de Basketball)

Federation Internationale de Basketball atau FIBA ​​​​singkatnya adalah organisasi induk internasional bola basket. FIBA menetapkan aturan tentang permainan bola basket yang harus dipatuhi oleh semua negara.

Peraturan ini menyangkut aturan main, standar alat permainan yang digunakan, lapangan basket, lama permainan, ketentuan tentang wasit, jumlah pemain dan sebagainya, termasuk teknik bermain bola basket.

FIBA didirikan pada 18 Juni 1932, oleh 8 negara, yaitu: Yunani, Argentina, Italia, Swiss, Cekoslowakia, Latvia, Portugal, dan Rumania. Organisasi yang awalnya didirikan dengan nama Federation Internationale de Basketball Amateur ini bermarkas di Jenewa, Swiss.

Pertandingan pertama yang diadakan FIBA ​​adalah Kejuaraan Dunia Bola Basket Internasional Putra pada tahun 1950. Pada tahun 1953, FIBA ​​menyelenggarakan Kejuaraan Bola Basket Internasional Wanita.

FIBA ​​menyelenggarakan kejuaraan bola basket putra serta putri setiap 4 tahun sekali. FIBA juga menyelenggarakan turnamen bola basket internasional (Kejuaraan Dunia FIBA, dan Olimpiade) serta turnamen antar klub (Kejuaraan Dunia Klub FIBA).

Leave a Reply

Your email address will not be published.