Dasar-dasar Bola Basket

Dasar-dasar Bola Basket Membangun Keterampilan Dasar! Dasar-dasar bola basket memberi pemain amatir dan profesional alat yang sama untuk bersaing dan menang. Baca terus untuk daftar keterampilan dasar yang bermanfaat bagi setiap pemain bola basket.

Apa Dasar-dasar Bola Basket?
Dasar-dasar bola basket meliputi keterampilan seperti gerak kaki, dribbling, menembak, dan passing, yang perlu dipelajari pemain bola basket untuk memainkan permainan bola basket.
Pemain muda biasanya mempelajari dasar-dasar dasar permainan (keterampilan ofensif dan defensif) di usia sekolah menengah dari pelatih bola basket sebagai bagian dari kelas pendidikan jasmani atau liga bola basket remaja.

Daftar Keterampilan Dasar
Ada beberapa keterampilan dasar yang harus diketahui oleh setiap pemain bola basket, dari pemain muda hingga profesional. Mereka termasuk:

1. Gerak kaki Dasar-dasar Bola Basket

Semua keterampilan dasar memerlukan pemahaman gerak kaki, yang lebih dari sekadar kemampuan berlari dengan kecepatan penuh di lapangan. Keterampilan gerak kaki meliputi cara melakukan backpedal saat meninju lawan, penempatan kaki dan distribusi berat untuk slide defensif, dan pengaturan yang tepat untuk membuat langkah jab ke lawan saat dalam posisi triple-threat (sikap dengan opsi untuk menembak, mengoper, atau menggiring bola).

2. Dribbling

Setiap posisi dalam tim bola basket, dari center hingga point guard , perlu memahami penanganan bola agar menjadi pemain ofensif yang efektif. Latihan menggiring bola secara teratur akan mengajarkan mereka gerakan dasar menggiring bola:
cara menggiring bola dengan kepala ke atas, menyilang , menggunakan tangan kiri dan tangan kanan dengan ketangkasan yang sama, atau mengoper bola dari satu tangan ke tangan lainnya. Setelah pemain memahami dribbling, mereka dapat menggunakan keterampilan tersebut untuk mengontrol bola, terutama selama gerakan strategis yang rumit seperti pick and roll

3. Menembak Dasar-dasar Bola Basket

Belajar menembak juga merupakan keterampilan dasar yang penting. Mencetak gol lapangan dengan menembak keranjang membantu memenangkan permainan, tetapi tanpa teknik menembak yang tepat.

4. Passing

Passing lebih dari sekedar melempar bola ke rekan satu tim. Ini membutuhkan keterampilan pengambilan keputusan, pemahaman yang tajam tentang berbagai jenis operan, dan jarak yang diperlukan untuk membuat operan yang efektif. Latihan operan mengajarkan dasar-dasar passing pasangan, dari operan dada hingga operan pantul.

5. Rebound  Dasar-dasar Bola Basket

Latihan rebound mengajarkan dua jenis rebound : rebound ofensif, di mana pemain penyerang meraih upaya tembakan lapangan yang gagal oleh tim mereka sendiri, dan rebound defensif, di mana pemain bertahan meraih bola yang gagal oleh pemain penyerang. Pemain perlu tahu bagaimana menggunakan tubuh mereka untuk meninju lawan dan mencegah rebound, serta kemampuan untuk meraih rebound dan berlari ke ujung lain lapangan dalam istirahat cepat.

6. Pertahanan

Pemain harus memahami cara bertahan melawan lawan dalam situasi satu lawan satu, atau pertahanan man-to-man . Latihan bertahan mengajarkan sikap bertahan yang tepat, dan bagaimana bertahan dalam permainan setengah lapangan dan penuh lapangan,

7. Melompat

Dasar-dasar lompat mencakup keterampilan untuk melakukan sejumlah pukulan lompat, termasuk layup , slam dunk, dan tembakan tiga angka. Mereka juga termasuk teknik yang tepat untuk melangkah dan mendarat dengan kedua kaki untuk berhenti melompat dan membantu pemain memutuskan kapan harus menggunakan dua kaki atau langkah kaki kiri-kaki kanan untuk tembakan lompat. Inilah artikel Basket

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *